VISI Kami :  Terwujudnya peserta didik yang sholeh, beriman kokoh, beribadah benar, berakhlak mulia, berbadan sehat, berpengetahuan luas, mandiri, dan cinta Al-Qur’an

3. KEUTAMAAN MEMPELAJARI DAN MENGAJARKAN ALQUR-AN


Kemuliaan suatu ilmu terkait pada apa yang dipelajari dan diajarkan. Dan Alqur-an adalah firman Allah yang sangat mulia, yang berasal dari Allah Yang maha mulia. Karena itu mempelajari dan mengajarkan alqur-an adalah perbuatan yang sangat mulia.

Bahkan orang yang mempelajari alqur-an dan mengajarkan alqur-an adalah orang yang paling baik. Rosulullah saw bersabda: "orang yang paling baik di antara kamu adalah orang yang mempelajari alqur-an dan mengajarkannya" hadis riwayat imam Bukhori. Juga dalam hadis riwayat Bukhori Rosulullah bersabda: "sesungguhnya orang yang paling afdol di antara kamu adalah orang yang mempelajari dan mengajarkan alqur-an".

Riwayat pertama menyebutkan orang yang paling baik, dan riwayat kedua orang yang paling afdol. Begitulah memang hakikatnya, bahwa orang yang mempelajari alqur-an dan mengajarkannya adalah orang yang paling baik dan afdol.

Namun yang perlu kita cermati dalam hadis ini bahwa predikat menjadi orang yang terbaik dan paling afdol manakala dua aktifitas ini kita lakukan kedua-duanya. <b>Mempelajari dan mengajarkan alquran</b>. Kalau kita mempelajarinya saja sangat baik, tapi kita belum menjadi orang yang terbaik. Begitu juga kalau kita mengajarkannya saja sangat baik, tapi kita belum menjadi orang yang terbaik. Kita baru akan menjadi orang yang terbaik dan paling utama manakala kita mempelajari alqur-an dan mengajarkannya kepada orang lain.

Kemuliaan suatu ilmu terkait pada apa yang dipelajari dan diajarkan. Dan Alqur-an adalah firman Allah yang sangat mulia, yang berasal dari Allah Yang maha mulia. Karena itu mempelajari dan mengajarkan alqur-an adalah perbuatan yang sangat mulia.Bahkan orang yang mempelajari alqur-an dan mengajarkan alqur-an adalah orang yang paling baik. Rosulullah saw bersabda: "orang yang paling baik di antara kamu adalah orang yang mempelajari alqur-an dan mengajarkannya" hadis riwayat imam Bukhori. Juga dalam hadis riwayat Bukhori Rosulullah bersabda: "sesungguhnya orang yang paling afdol di antara kamu adalah orang yang mempelajari dan mengajarkan alqur-an".Riwayat pertama menyebutkan orang yang paling baik, dan riwayat kedua orang yang paling afdol. Begitulah memang hakikatnya, bahwa orang yang mempelajari alqur-an dan mengajarkannya adalah orang yang paling baik dan afdol.Namun yang perlu kita cermati dalam hadis ini bahwa predikat menjadi orang yang terbaik dan paling afdol manakala dua aktifitas ini kita lakukan kedua-duanya. <b>Mempelajari dan mengajarkan alquran</b>. Kalau kita mempelajarinya saja sangat baik, tapi kita belum menjadi orang yang terbaik. Begitu juga kalau kita mengajarkannya saja sangat baik, tapi kita belum menjadi orang yang terbaik. Kita baru akan menjadi orang yang terbaik dan paling utama manakala kita mempelajari alqur-an dan mengajarkannya kepada orang lain.