VISI Kami :  Terwujudnya peserta didik yang sholeh, beriman kokoh, beribadah benar, berakhlak mulia, berbadan sehat, berpengetahuan luas, mandiri, dan cinta Al-Qur’an

Wisuda Qur'an IV Darul Qur'an Mulia 2017/2018 Berhasil Cetak 115 Huffazh Baru


IMG_0951 ok

Bogor (31/5/2018) – Pesantren Terpadu Darul Quran Mulia (DQ) menyelenggarakan prosesi  Wisuda Qur’an IV di Gedung Graha Widya Bakti Puspitek, Tangerang Selatan pada Kamis kemarin, (30/5).

Klik! https://bit.ly/2JfvgL6 (Daftar 115 Peserta Wisuda Quran IV)

Sebanyak 115 huffazh baru mengikuti prosesi wisuda yang dimulai pukul 7 pagi itu. 115 huffazh tersebut merupakan santri-santri dari kelas 9 hingga kelas 12 yang telah menyelesaikan hafalan 30 Juz selama masa pendidikan di DQ. Adapun jumlah tersebut terdiri dari 61 Santri Putra ; kelas 12 (35), kelas 11 (14), kelas 10 (8), kelas 9 (4), dan 54 santri putri ; kelas 12 (16), kelas 11 (23), kelas 10 (10), kelas 9 (5). Dengan begitu sudah 305 huffazh yang telah dicetak DQ dalam empat edisi wisuda quran 4 tahun terakhir.

Ketua Pengurus Harian Yayasan, Ustadz Muhammad Abdul Hasib, M.Si mengucapkan, "Atas nama keluarga besar Yayasan Darul Quran Mulia kami ucapkan selamat berbahagia kepada para orangtua (wali santri) dimana hari ini mendapatkan kado terindah dari anaknya yang diwisuda hari ini. Dan orangtua tersebut adalah calon penghuni surga yang dalam hadist akan mendapatkan mahkota yang cahayanya lebih terang dari sinar matahari. Semoga motivasi dan apa yang sudah diberikan kepada anak-anaknya bisa terjaga dengan baik. Juga kepada para guru khususnya musyrif quran atas keikhlasan antum/na semua yang satu hari 3 kali pertemuan halaqah quran setiap harinya. Tentu ini adalah bentuk ikhtiar dan konsistensi yang tidak mudah".

Ustadz Muhammad mengingatkan kolaborasi antara orangtua dan guru dalam pendidikan anak sangatlah penting. Ditambah sharing experience kepada orangtua lain agar virus-virus kebaikan tersebut bisa ditularkan kepada yang lainnya.

"Saya teringat pesan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan dalam sambutannya sewaktu-waktu. "Kemenangan itu dimulai dari ruang-ruang kelas dan ruang keluarga". Ternyata inilah makna kolaborasi antara peran orangtua dan guru. Guru berperan di sekolah dan orangtua berperan dalam interaksi dengan anaknya. Dua kolaborasi ini perlu dijelaskan, diceritakan kepada orangtua lain sehingga orangtua dan walisantri yang lain bisa ikut menikmati,  menyaksikan suatu saat anaknya diwisuda di Darul Quran", ujarnya.

Kemudian Ketua Yayasan Darul Quran Mulia (DQ), KH. Abdul Hasib Hasan, Lc dalam taujihnya di hadapan para wisudawan dan tamu yang hadir berpesan kepada para wisudawan, “Jadilah kalian sebagai hafizh sesungguhnya sesuai dengan predikat yang diperoleh. Hendaknya kalian bisa memelihara (menghafal) huruf Al-Quran (Hafizhul huruf), memahami nilai-nilai serta mengimplementasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari (Hafizhul ma’ani)”.

Lanjut Ketua Yayasan yang biasa dipanggil Ustadz Hasib ini agar menjadikan dirinya sebagai duta-duta Al-Quran sebagaimana yang telah dilakukan oleh para kakak-kakak kelasnya di berbagai kampus. “Jadilah kamu sebagai orang-orang menjadikan Al-Quran sebagai Ruh penggerak (Qum Faanzir) dan rabbani yang dinisbahkannya kepada Allah Swt (Kuunuu Rabaniyyin), Apapun yang diperbuat karena Allah Swt. Aktif mensosialisasikan Al-Quran dengan mempelajari dan mengamalkannya. Jadilah duta-duta quran seperti yang kakak-kakak kalian lakukan di kampusnya masing-masing. Bangun komunikasi dengan sesama ahlil quran entah itu guru, teman, dan kakak kalian juga dengan aktivis-aktivis Islam di berbagai kampus. Jadilah pioner dalam menggerakan kegiatan quran di luar sana”, tuturnya.

Selanjutnya Orasi Tokoh oleh Anggota DPR RI H. Muhammad Shohibul Iman, PhD. Dirinya merasa bangga atas karunia yang Allah berikan kepada para wisudawan. “Saya bangga dari jutaan generasi kalian, banyak karunia yang Allah berikan kepada kalian. Kalian lah yang mendapat karunia sebagai generasi yang khusus. Hadirnya para huffazh insyaallah menjadi bagian dari penjagaan Allah Swt terhadap Al-Quran”, akunya.

Disamping itu, kata anggota DPR yang pernah menjabat Wakil Ketua DPR RI periode 2013-2014 itu berpesan bahwa besarnya harapan masyarakat kepada mereka membuat mereka harus membekali diri dengan berbagai kompetensi.

“Sebagai penghafal quran, banyak yang diharapkan masyarakat atas kelebihannya. Saya berpesan kepada anak-anakku agar membekali diri dengan 3 hal. Pertama Akhlak Ritual, kehadirannya selalu menyerukan kepada amar ma’ruf nahi munkar bahwa masyarakat di Jepang hidup penuh kemakmuran tapi jiwa mereka hampa wajar jika tingkat bunuh dirinya sangat tinggi. Kedua Akhlak Sosial, kehadirannya membuat orang di sekitarnya merasakan indahnya Islam walaupun mereka dalam kekafiran. Ketiga Akhlak Professional, kehadirannya menjadi yang terdepan dalam hal prestasi bahwasannya kemakmuran lahir melalui penguasaan sains dan teknologi”, terangnya Pria lulusan doktor salah satu Universitas terbaik (Waseda University) di Jepang.

Selain itu juga, sejumlah penampilan meliputi Nasyid dan pembacaan puisi oleh santri turut menyertai prosesi wisuda quran yang berlangsung hikmat itu. Apresiasi wisudawan terbaik 2018 oleh Bidang Al-Quran juga tidak ketinggalan diberikan kepada 6 orang wisudawan, diantaranya M. Pandu Agung (11), M. Fairuzzabadi (10), Yava Jabbar Fadhillah, Aurada Tsaqafa (11), Indana Zulfa (10), dan Nahda Nurul Ulya (9).

Untuk mengetahui kelancaran hafalan para wisudawan, panitia juga memberikan kesempatan Uji Publik hafalan wisudawan yang diwakili oleh M. Fairuzzabadi, M. Pandu Agung, Indana Zulfa, dan Nahda Nurul Ulya bagi para tamu undangan yang hadir. Sebanyak 4 orang tamu undangan diberikan kesempatan untuk bebas melantukan potongan ayat suci Al-Quran kemudian memilih salah satu wisudawan untuk meneruskan lantunan potongan ayat Al-Quran tersebut.

Hasilnya para wisudawan yang mewakili mampu menjawab dengan baik seluruh tantangan para tamu. Suatu predikat huffazh yang membanggakan bagi para wisudawan dengan menyelesaikan hafalan 30 Juz dan diiringi dengan pemeliharaannya dengan amat baik. Masyaallah...

Hubungan Eksternal DQ

SEMANGAT MENGINSPIRASI

FOTO GALERI DQM TERBARU