VISI Kami :  Terwujudnya peserta didik yang sholeh, beriman kokoh, beribadah benar, berakhlak mulia, berbadan sehat, berpengetahuan luas, mandiri, dan cinta Al-Qur’an

Perkuat Hafalan Santri Jelang Ujian Hifzhul Qur'an Melalui Pekan Murojaah


Pekan Murojaah Web

Bogor (11/4/2018) - Sebanyak 690 Santri Putra dan Putri Pesantren Terpadu Darul Qur’an Mulia (DQM) mengikuti program Pekan Murojaah yang diselenggarakan oleh Bidang Ta’limul Quran sejak tanggal 9 April kemarin hingga 14 April 2018 mendatang.

Dalam program Pekan Murojaah yang dilaksanakan secara terpisah itu, yakni Masjid Raudhatul Jannah 1 untuk santri putra dan Masjid Raudhatul Jannah 2 untuk santri putri, diikuti oleh santri putri kelas 7 sebanyak 178 orang, kelas 8 sebanyak 166 orang, dan santri putra kelas 7 sebanyak 179, kelas 8 sebanyak 167 orang.

Kepala Bidang Ta’limul Al-Quran, Ustadz Sarmadan Rambe menjelaskan, “Program Pekan Murojaah ini merupakan program yang bertujuan untuk memperlancar hafalan para santri khususnya kelas 7 dan 8 selama sepekan”.

Ketidakikutsertaan kelas 9, 10, 11, dan 12 dalam Pekan Murojaah tahun kedua kali ini tidak lain dikarenakan sedang menghadapi ujian sekolah baik skala Tengah Semester (UTS) maupun nasional (UN) di waktu yang sama.

Sebanyak 13 kelompok halaqoh putra terdiri dari 19 santri dan 23 kelompok halaqoh putri terdiri dari 15 santri yang dipimpin oleh asatidzah dan ustadzah disiapkan untuk mengoreksi murojaah hafalan para santri.

Selama masa Pekan Murojaah, para santri diberikan waktu murojaah di waktu dhuha mulai jam 8 pagi sampai jam 11 siang. Waktu-waktu Halaqoh Al-Quran sebelumnya, yakni ba’da shubuh, ba’da ashar dan ba’da maghrib digunakan untuk mematangkan kembali hafalan yang dimiliki sebelum disetorkan pagi harinya.

Lanjut kata kepala bidang ta’limul quran lulusan program magister pendidikan Islam Institut PTIQ Jakarta itu mengharapkan peserta pekan murojaah bisa mencapai target yang telah ditetapkan sebelum menghadapi Ujian Hifzhul Quran mendatang.

“Jadi harapannya mereka yang belum mencapai 1 juz bisa memanfaatkan pekan murojaah agar bisa sampai 1 juz, sehingga bisa ikut ujian Al-Quran dan memperoleh raport Al-Quran. Dan bagi mereka yang punya hafalan banyak bisa mengurangi beban hafalan yang harus disetorkan pada saat ujian Al-Quran dengan syarat nilai ketuntasan minimal mencapai 90”, ujarnya saat ditemui di Masjid Raudhatul Jannah 1, Rabu (11/4).

Hubungan Eksternal DQM

[SEMANGAT MENGINSPIRASI]

 

FOTO GALERI DQM TERBARU