VISI Kami :  Terwujudnya peserta didik yang sholeh, beriman kokoh, beribadah benar, berakhlak mulia, berbadan sehat, berpengetahuan luas, mandiri, dan cinta Al-Qur’an

Wujudkan Pribadi yang Kokoh dan Berkarakter Melalui Mukhayam Tarbawiyah 2018 Pesantren Terpadu Darul Quran Mulia


Mukhayam 2018 DQMBogor (20/3/2018) – Gagasan besar, kemauan yang tinggi, dan cita-cita luhur manusia selalu membutuhkan daya dukung yang sama besarnya, diantaranya dukungan fisik yang bugar. Tanpa pengelolaan kesehatan fisik yang prima, segala perintah pikiran dan kehendak jiwa tidak akan terlaksana dengan baik. Sebaliknya, pengelolaan kesehatan fisik yang baik akan menciptakan keseimbangan yang rasional antara muatan dan kapasitas fisik manusia dalam mewujudkannya.

Hal itulah kemudian yang menginisiasi Bidang Takwin Syakhsiyah Bagian Pembinaan Pesantren Terpadu Darul Quran Mulia (DQM) menyelenggarakan “Mukhoyam Tarbawiyah 2018” khusus para santri selama 3 hari 2 malam, yakni tanggal 19-21 Maret 2018 kemarin. Sebanyak 860 Santri Putra-Putri Kelas 7, 8, dan 10 mengikuti kegiatan Mukhayam yang diadakan di dua lokasi berbeda, yakni Army Camping Ground Gunung Bunder, Bogor untuk peserta Mukhayam Putra dan Dusun Kunjani Kabupaten Bogor untuk peserta Mukhayam Putri.

Kepala Bidang Pembinaan Ustadz Ahmad Jamili dalam sambutannya melepas keberangkatan peserta Mukhayam Santri Putri pada Senin (19/3) kemarin menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan Mukhayam.

“Dari kegiatan Mukhayam Tarbawiah, Pertama kita ingin para generasi qurani menjadi lebih disiplin dan itu harus menjadi karakter semua santri. Kedua, kita ingin santri mejadi tangguh fisiknya, cekatan dan tangkas sehingga perlu diberikan pelatihan fisik dalam rangka mewujudkan santri yang tangguh secara mental, mandiri, tidak lagi ketergantungan dengan orangtua. Ketiga, mewujudkan santri yang pemberani lebih khusus santri kelas 10 dalam rangka menyiapkan kegiatan-kegiatan keorganisasian maupun dakwah di Pesantren dan masyarakat luas nantinya”, terangnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Bidang Bidang Takwin Syakhsiyah Pesantren Putri Ustadzah Husna bahwa pada mukhoyam tarbawiyah kali ini menitik beratkan pada dua fokus.

“Fokus pertama, khusus santri SMP Putri dititik beratkan kepada pendidikan karakter. Fokus kedua, khusus Mukhoyam SMAIT Putri dititik beratkan pada latihan kepemimpinan karenanya bentuk kegiatan berupa Latihan Dasar Kepemimpinan Santri (LDKS)". Pada hari pertama Mukhayam Putri, panitia melibatkan Kesatuan Kostrad untuk melatih kedisiplinan baris-berbaris dan wawasan kebangsaan para santri. Berbagai materi penguatan karakter, latihan dasar kepemimpinan, kemandirian dan ketangkasan dalam aktifitas di alam terbuka (outbond) juga diajarkan", ujar Wakil Bidang Bidang Takwin Syakhsiyah lulusan Magister Kajian Islam UIN Jakarta itu.

Pada akhirnya, berbagai program penunjang yang menghadirkan keseimbangan hidup diri seorang Muslim meliputi akal yang terlatih, ruhiah yang terpelihara dan fisik yang bugar sangat diperlukan. Keseimbangan pada tiga unsur dasar manusia tersebut nantinya membuat hidup seseorang menjadi lebih terarah, karena ia memiliki paradigma kehidupan yang benar dan jelas, struktur mentalitas yang solid dan kuat, serta karakter yang kokoh dan tangguh.

Hubungan Eksternal DQM

[SEMANGAT MENGINSPIRASI]

FOTO GALERI DQM TERBARU