VISI Kami :  Terwujudnya peserta didik yang sholeh, beriman kokoh, beribadah benar, berakhlak mulia, berbadan sehat, berpengetahuan luas, mandiri, dan cinta Al-Qur’an

Semangat Berbagi! 6 Hari Ikuti Pelatihan di Luar Negeri, Kini Ia Berbagi Ilmunya Kepada Guru-Guru Darul Quran Mulia


Pelatihan Soft SKill Active Learning

Bogor (20/2/2018) – Semangat berbagi inspirasi, motivasi, dan dukungan kepada para pengajar di sekelilingnya. Itulah Misi Guru inspirasi kita hari ini. Beliau adalah pengajar SMPIT Darul Quran (DQ) Ustadz Zulkarnaen.

Setelah enam hari mengikuti pelatihan soft skill guru yang diadakan oleh lembaga sosial-pendidikan NAMA Foundation di Malaysia bersama dengan peserta perwakilan tujuh negara anggota Nama Foundation beberapa waktu yang lalu, kini ia bersama rekannya Dasril Guntara hadir di tengah-tengah guru SDIT-SMPIT DQ berbagi ilmunya dalam workshop pendidikan “Pelatihan Soft Skill” dengan tema “Active Learning” di Meeting Room Pesantren Putra pada Sabtu, (17/2) kemarin.

Dalam acara workshop pendidikan yang terselenggara berkat kerja sama Nama Foundation dengan NGO Indonesia Wafaa Foundation selaku partner lokal yang sama-sama bekerjasama di bidang sosial-pendidikan, keduanya secara bergantian memberikan materi training kepada 20 peserta mulai pukul 8 pagi hingga 12siang.

Ustadz Zulkarnaen mengatakan, “Tujuan diadakannya workshop pendidikan ini adalah untuk menambah pengetahuan dan keilmuan para guru-guru. Kami ingin menjadi fasilitator kepada peserta bagaimana menjadi pendengar yang empati agar bisa diterapkan dalam proses pembelajaran dan kehidupan sehari-hari. Sehingga peserta punya pengalaman belajar (learning experience) yang menyenangkan dan bisa dipraktikan di kelas-nya masing-masing”.

Dasril Guntara yang turut menemani Ustadz Zulkarnaen mengisi pelatihan menambahkan diadakannya program ROOTS ini untuk memberikan inspirasi kepada seluruh guru-guru di negara asal peserta pelatihan Nama Foundation.

“Program unggulan ROOTS (Roadmap of Outstanding Educations) ini merupakan satu dari banyaknya program Nama Foundation. Kita berdua diberikan misi oleh Nama untuk bisa Mendorong, mensuport. memberikan inspirasi, motivasi kepada seluruh guru-guru di negera-negara”, tutur Dasril Pemateri yang saat ini aktif sebagai Dosen di Universitas Indonesia itu.

Disamping itu, Ustadz Zulkarnaen yang kini sebagai Guru Bahasa Inggris kembali menjelaskan dalam kesempatan itu, keduanya menyampaikan materi bagaimana para guru bisa membuat konsep design pembelajaran yang lebih dalam lagi saat mengajar

“Disini kita mengajarkan bagaimana para guru bisa membuat design pembelajaran yang lebih dalam lagi saat mengajar, salah satunya. kita akan mengajar lima topic meliputi Active listening,  creative problem solving,  conflict resolution,  assertiveness, dan thinking hats ini seluruh pengajar di Indonesia”, pungkasnya.

Program ROOTS bertujuan untuk meningkatkan kapasitias pendidikan negara partisipan serta meningkatkan kapasitas LSM Sosial-Pendidikan secara kelembagaan di tujuh negara partisipan Nama Foundation, yakni Indonesia, India, Palestina, Kyrgistan, Lebanon, Yaman, Tanzania. Dan terakhir Malaysia yag juga sebagai Head Quarternya-nya.

Diharapkan dari workshop ini para peserta yang merupakan tenaga pengajar pendidikan mampu melihat dan mengalami sendiri bagaimana mengajar yang aktif dan tidak lagi berpusat kepada guru saja, tetapi juga berpusat kepada sang murid (learner centric).

Hubungan Eksternal DQM

SEMANGAT MENGINSPIRASI

FOTO GALERI DQM TERBARU