VISI Kami :  Terwujudnya peserta didik yang sholeh, beriman kokoh, beribadah benar, berakhlak mulia, berbadan sehat, berpengetahuan luas, mandiri, dan cinta Al-Qur’an

Forum Kampus Alumni 2018, Sinergitas Alumni dan Pesantren Mencetak Santri Yang Siap Masuki Dunia Kampus


FOKAL 2018Bogor (30/1/2018) – Kolaborasi berbagai elemen di Pesantren Terpadu Darul Quran Mulia (DQM) wajib dilakukan demi terwujudnya kualitas pendidikan maupun lulusan santri yang bermutu. Tidak terkecuali keberadaan ikatan alumni DQM yang terwadahi dalam Forum Silaturahim Alumni Darul Quran Mulia (FORSAD).

Dengan maksud berbakti melalui bidang pendidikan bagi masa depan santri kelas 12 yang lebih baik jelang memasuki dunia kampus, FORSAD menyelenggarakan Forum Kampus Alumni (FOKAL) 2018 khusus untuk santri kelas 12 bertempat di Gedung Meeting Room SDIT DQ selama dua hari, yakni 27-28 Januari 2017 kemarin.

Dalam acara tahunan yang bertemakan Mengukir Kisah Generasi Hebat”, sebanyak 148 santri mengikuti forum yang dimotori oleh Departement Tarbiyah FORSAD. Ketua Panitia FOKAL 2018, Ahmad Taqqi Reyhan mengatakan, “secara simple FOKAL ingin mencerdaskan santri. Bagaimana masuk kampus dan bagaimana setelah di kampus”.

Lanjut Reyhan menambahkan selama 2 hari kedepan para peserta akan diberikan sejumlah materi berupa persiapan sebelum masuk kampus serta apa yang harus dilakukan ketima memasuki dunia kampus.

“Selama 2 hari kedepan kita menghadirkan alumni sebagai pemateri. Untuk kegiatan hari ini Try Out yang dikoordinatori Muhammaid Umair dari LIPIA yang juga Ketua Departement Tarbiyah dan Try Out masuk PTN oleh Mustofa Hadi dari UNJ. Kemudian malamnya sharing motivasi oleh Wirahadikusuma dari ESQ. Besoknya rangkaian inti berupa presentasi kampus dibagi per fakultas. Ada 7 fakultas ; Peternakan, pertanian, kedokteran, kesehatan, sospol, teknik, dan keguruan”, kata Reyhan Alumni DQM tahun 2015.

Disamping itu, kata Reyhan yang saat ini duduk di bangku Mahasiswa Semester empat Jurusan Sains Komunikasi Pengembangan Masyarakat IPB itu mengatakan bahwa panitia juga mengadakan diskusi interkatif lainnya seputar kehidupan kampus yang akan dijalani oleh peserta meliputi empat departement FORSAD bersama dengan alumni yang produktif di biang masing-masing ; Sosial, pergerakan kampus, bisnis, dan akademisi.

Harapannya dari forum ini para peserta bisa menghebatkan diri sebelum mapun setelah emmasuki dunia kampus. “Teman-teman santri terutama mereka yang sudah punya modal Al-Quran, harus lebih siap dan tangap untuk mengukir kisah mereka jaadi generasi hebat.  Percayalah mereka akan hebat dengan Al-Qurannya. Jadi jangan sampai minder karena kalian akan menjadi bintang di kampusnya nanti”, ujar Reyhan menutup wawancara.

Dalam forum kampus yang berlangsung sejak tahun 2015 itu, nantinya akan dihadiri oleh seluruh panitia FOKAL  sebanyak 44 alumni untuk memberikan ilmu, pengalaman dan arahannya dari berbagai latar perguruan tinggi dan jurusan.

 

Hubungan Eksternal DQM

SEMANGAT MENGINSPIRASI

 

FOTO GALERI DQM TERBARU