VISI Kami :  Terwujudnya peserta didik yang sholeh, beriman kokoh, beribadah benar, berakhlak mulia, berbadan sehat, berpengetahuan luas, mandiri, dan cinta Al-Qur’an

Peminat Membludak, DQM Adakan Sosialisasi Seleksi Internal dan Prosedur Pendaftaran Beasiswa SMA Imam Hatip Internasional Turki


Sosialisasi Imam Hatip CropBogor (10/10/2017) – Kabar diterimanya empat alumni SMPIT Darul Quran TP. 2016/2017 dalam seleksi beasiswa SMA Imam Hatip Internasional Turki belum lama ini nampaknya menciptakan magnet luar biasa di kalangan santri maupun wali santri kelas 9 SMPIT DQ yang mendambakan kualitas pendidikan yang bermutu disertai pemberian fasilitas yang terjamin di luar negeri.

Beragam pertanyaan dan rasa penasaran mengenai mekanisme pendaftaran, jaminan hidup selama pendidikan di Turki hingga tips dan trik lulus seleksi pun menjadi pertanyaan yang banyak dilontarkan oleh para wali santri bagaimana cara agar anak-anak mereka mampu mengikuti jejak kakak kelasnya terbang mengangkasa di Eropa.

Atas dasar itulah yang kemudian menginisiasi Guru Bidang Sains SMAIT DQ Ustadz Catur Sriherwanto bersama dengan SMPIT DQ dan sejumlah wali santri putra untuk menyelenggarakan acara “Sosialisasi Seleksi Internal dan Pendaftaran Online Beasiswa SMA Imam Hatip Internasional Turki” selama dua kali di waktu dan tempat yang berbeda, yakni bertempat di Meeting Room Pesantren Putra dan Meeting Room Pesantren Putri pada tanggal 1 dan 8 Oktober yang lalu.

Dalam dua kali acara sosialisasi yang keseluruhannya dihadiri sekitar 120 wali santri beserta putra-putrinya yang menyatakan minatnya itu, disampaikan sejumlah informasi mulai dari program beasiswa Imam Hatip Turki, sistem pendidikan, fasilitas dan sarana-prasarana sekolah, mekanisme dan jadwal seleksi internal SMPIT DQ, proses pedaftaran online, dokumen dan persyaratan yang harus disiapkan, peluang lulus, hingga proses keberangkatan ke Turki.

Kepala SMPIT DQ, Ustadz Ahmad Shabuddin dalam sambutannya di hadapan para wali santri pada pertemuan Ahad, (1/10) yang lalu menyampaikan dukungannya, “Saya sangat mendukung sekali program beasiswa Imam Hatip Turki ini, karena visi-misinya juga sama dengan visi-misi Pesantren yang sama-sama berusaha mencetak santri yang beriman dan berakhlak mulia tapi juga berpengetahuan luas”.

Hal senada juga disampaikan oleh Ustadz Catur Sriherwanto, Guru yang berkesempatan mempresentasikan beragam hal tentang program beasiswa Imam Hatip kepada wali santri mengatakan, “Program beasiswa SMA Imam Hatip Internasional merupakan salah satu program beasiswa pendidikan Pemerintahan Presiden Erdogan dalam rangka mencetak sebanyak-banyaknya individu yang ahli di bidang agama namun juga menguasai bidang keilmuan lainnya dari berbagai negara mayoritas Muslim di dunia”.

Lanjut kata Ustadz Catur yang sebelumnya sukses mengirimkan 4 Alumni SMPIT DQ TP. 2016/2017 ke SMA Imam Hatip Internasional Turki tahun lalu menjelaskan bahwa tujuan dibuatnya program beasiswa ini adalah menjadikan Islam sebagai rahmatan lil 'alamin bagi masyarakat dunia.

“Program beasiswa Ini adalah bentuk dari visi misi global dalam rangka membangun dunia yang lebih damai, sejahtera, dan bahagia. Jauh dari konflik, eksploitasi, penjajahan dan penderitaan sehingga Islam menjadi rahmatan lil 'alamin di tataran dunia. Wajar jika para lulusannya diharapkan suatu saat nanti menjadi orang-orang terdepan sekaligus pemimpin yang menjembatani hubungan antara Turki dengan negara asal alumni Imam Hatip”, terangnya.

Guru SMAIT DQ yang tercatat sebagai Peneliti aktif di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Bidang Bioteknologi itu menambahkan diadakannya seleksi internal bagi santri kelas 9 SMPIT DQ dalam rangka memastikan para pendaftar merupakan santri-santri terbaik.

“Seleksi internal ini diadakan untuk memastikan pendaftar dari DQM adalah santri yang berkualitas. Sehingga nantinya mampu menjadi yang terbaik di Turki. Dengan demikian, diharapkan kepercayaan Turki kepada DQM semakin meningkat dan dibuktikan dengan meningkatnya perwakilan DQM yang masuk SMA Imam Hatip Internasional Turki setiap tahunnya. Selain itu juga, untuk meminimalisir tingkat kegagalan para pelajar asal DQM yang studi di Turki. Hal ini dikarenakan angka drop out atau ketidak lulusannya cukup tinggi mencapai 30 persen”.

Selain itu juga, Kata sosok peneliti yang telah menyelesaikan gelar Doktornya di Universitas Hamburg Jerman ini menambahkan penilaian seleksi internal terdiri dari point penilaian yang mewakili seluruh bidang Pesantren meliputi nilai raport tahfizh, hasil UAS pelajaran pesantren dan diknas pada semester 5 bulan desember mendatang beserta hasil try out I di bulan Januari 2018 ditambah catatan kedisiplinan, akhlak dan kepribadian dari para ustadz dan ustadzah. Adapun masa penyeleksian internal diperkirakan selesai pada Januari 2018 mendatang.

Nantinya, bagi yang berhasil melewati tahap seleksi internal ini, akan dibantu baik dalam pembuatan surat rekomendasi, transkrip nilai dalam bahasa Inggris serta dokumen penunjang lainnya maupun teknis pendaftaran online langsung di website beasiswa terkait saat pendaftaran online dibuka pada bulan Maret 2018. Selain itu bimbingan jelang tes wawancara dan keberangkatan ke Turki bagi yang dinyatakan lulus.

Di akhir presentasinya itu, Ustad Catur mengharapkan peran orangtua untuk saling membantu sesama dan memotivasi sang anak agar bisa melanjutkan studinya di Turki, “Segala info yang disampaikan sudah sangat jelas. Mengingat proses pendaftarannya boleh dibilang tidak sederhana kami berharap para orangtua bisa saling membantu dan memotivasi anak-anaknya agar bersemangat dan fokus pada studinya sehingga bisa memenuhi persyaratan yang diminta”, tutup Ustadz Catur.

Hubungan Eksternal DQM

[SEMANGAT MENGINSPIRASI]

FOTO GALERI DQM TERBARU