VISI Kami :  Terwujudnya peserta didik yang sholeh, beriman kokoh, beribadah benar, berakhlak mulia, berbadan sehat, berpengetahuan luas, mandiri, dan cinta Al-Qur’an

Aksi Peduli Rohingya, DQM Galang Dana 62 Juta Rupiah


save-rohingya-myanmarBogor (15/9/2017) – Tindak kekerasan kepada Muslim Rohingnya yang kembali dilakukan oleh Tentara Militer dan Aparat Kepolisian Myanmar pada akhir bulan lalu menuai simpati dari dunia internasional, tidak terkecuali Pesantren Terpadu Darul Qur’an Mulia yang begitu besar menaruh perhatiannya terhadap segala hal yang terjadi berkaitan dengan dunia Islam.

Atas dasar itulah, Pesantren Terpadu Darul Qur’an Mulia (DQM) melalui Bidang Pembinaan melaksanakan Aksi Munashoroh (Penggalangan Dana) untuk Muslim Rohingya bertempat di Masjid Raudhotul Jannah Putra pada Rabu kemarin (13/9).

Dalam kesempatan itu, DQM menghadirkan Relawan lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa Republika, Hardi Agusman untuk memberikan penjelasan kepada santri terkait tragedi kemanusiaan terbaru yang menimpa penduduk Muslim Rohingya terbaru ini. Sebanyak 700 Santri Putra beserta sejumlah Asatidz hadir mengikuti Aksi Penggalangan Dana yang digelar pada pukul 8 malam itu.

Hardi Agusman menerangkan bagaimana kembali terulangnya tindakan penganiayaan yang dilakukan oleh Tentara Militer dan Aparat Kepolisian Myanmar pada akhir Agustus lalu mengindikasikan adanya rencana pemerintah Myanmar melakukan tindakan genosida terhadap etnis Rohingnya.

Muslim Rohingnya merupakan etnis minoritas yang tidak diakui kewarganegaraannya oleh Pemerintah Myanmar karena dianggap sebagai imigran gelap dari Bangladesh meski sudah hidup berabad-abad tahun di Myanmar.

Menurut laporan sindonews.com, sekitar 300.000 orang Rohingya dilaporkan telah melarikan diri dari Rakhine dan mencari perlindungan di wilayah perbatasan di Bangladesh sejak akhir bulan lalu.

Pelapor Khusus PBB untuk HAM di Myanmar, Yanghee Lee, mengatakan bahwa sekitar 1.000 orang kemungkinan telah terbunuh dalam tindakan keras tentara Myanmar, di mana mayoritas korban adalah warga Rohingya.

Dari aksi pengalangan dana tersebut, berhasil terkumpul Rp. 12.534.400,- Ditambah dana sebesar Rp. 50.061.531,- hasil penggalangan yang juga dilakukan oleh SDIT (Rp.18.137.300), Pesantren Putri (Rp. 14.462.500), donasi melalui rekening DQM Peduli Rohingya (Rp.14.050.000), Halaqoh (Rp.2.011.731), dan sumber lainnya (RP.1.400.000)  selama 2 minggu terakhir. Sehingga dana yang terkumpul dalam Aksi Peduli Rohingya mencapai Rp. 62.595.931,-

Sejumlah dana yang terkumpul nantinya akan disalurkan kepada Dompet Dhuafa Republika maupun lembaga kemanusiaan lainnya yang kemudian akan dikirimkan langsung ke Myanmar untuk meringankan penderitaan Muslim Rohingya yang saat ini banyak tersebar di kamp-kamp pengungsian. Kita doakan semoga Allah Swt memberikan pertolongan untuk saudara-saudara kita, Muslim Rohingnya. #SaveRohingnya!

Hubungan Eksternal DQM

[SEMANGAT MENGINSPIRASI]

FOTO GALERI DQM TERBARU