VISI Kami :  Terwujudnya peserta didik yang sholeh, beriman kokoh, beribadah benar, berakhlak mulia, berbadan sehat, berpengetahuan luas, mandiri, dan cinta Al-Qur’an

MTQ Mahasiswa Nasional XV Malang, Ajang Pembuktian 25 Alumni DQM Mewakili Berbagai Kampus Se-Indonesia


Shoutul dan Syifa MTQMN XV Crop

Bogor (8/8/2017) – Selepas dari Pesantren Terpadu Darul Quran Mulia (DQM), nampaknya tidak menjadikan para lulusan atau alumni DQM tersibukan dengan dunia barunya. Predikat sebagai pejuang Al-Quran akan terus mereka bawa sampai kapanpun-dimanapun mereka berada. Hal itu bisa kita ketahui lewat gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Mahasiswa Nasional XV yang diselenggarakan di Universitas Brawijaya (Unibraw) dan Universitas Negeri Malang (UNM) selaku tuan rumah sejak tanggal 28 Juli - 4 Agustus 2017 kemarin.

Sebanyak 25 Alumni DQM berbagai angkatan berkumpul unjuk diri menjadi yang terbaik mewakili kampusnya masing-masing. Hasilnya, lewat MTQ Nasional Mahasiswa yang digelar selama tujuh hari itu, tiga alumni SMAIT DQ berhasil naik panggung menerima penghargaan, diantaranya ; Atikah Shoutul Islah Juara Harapan 3 Cabang MHQ 10 Juz mewakili Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Assyifa Karima Juara Harapan 3 Cabang MHQ 20 Juz mewakili Universitas Brawijaya, dan Ahmad Farhan Juara Harapan 1 Cabang MHQ 20 Juz mewakili Universitas Negeri Jakarta.

Dalam MTQ Mahasiswa Nasional yang diselenggarakan atas instruksi dari Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (RISTEK dan DIKTI) Republik Indonesia itu, panitia pelaksana, yakni Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang mengambil tema, “Melalui MTQ Mahasiswa Nasional XV Tahun 2017, kita integrasikan intelektualitas dan spiritualitas untuk mencetak calon pemimpin Indonesia yang cerdas dan bermoral demi mewujudkan baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur”.

Melalui wawancara telephone dengan Peraih Juara Harapan 3 Cabang Hifdzil Qur'an Cabang 20 Juz Putri, Assyifa Karima. Dirinya mengungkapkan, “Di MTQMN bertemu banyak orang-orang luar biasa. Jadi merasa intensitas mengaji masih sangat kurang. tapi  Alhamdulillah bini'matihi tatimmusshalihat, Allah mengingatkan hamba-Nya dengan memberi kenikmatan, semoga dengan nikmat ini semakin bertambah amal shalih dan semakin bersemangat untuk murajaah”.

Lanjutnya Putri dari Pasangan Bapak Raihan Iskandar dan Ibu Rita Indahyati ini menambahkan dalam meraih prestasi tersebut dirinya secara intensif diberikan pembinaan oleh universitas selama masa karantina.

“Untuk kafilah UB sendiri pembinaan intensif dimulai sejak April lalu. Pembinaan dilakukan rutin tiap pekan, kemudian setelah lebaran ada karantina untuk pemantapan, dan selama perlombaan juga ada pendampingn dari pembina”, ujar Syifa Alumni SMAIT DQ Angkatan 2015 yang saat ini menempuh program studi pendidikan dokter itu.

Disamping itu juga, Syifa yang kesehariannya terlibat aktif sebagai Aktivis Dakwah Kampus (ADK) Unit Aktivitas Kerohanian Islam Universitas Brawijaya (UAKI UB) dan komunitas pencinta Al-Quran ini berpesan kepada para santri DQM agar banyak meluangkan waktu bersama Al-Quran.

“Untuk santri DQ, manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Bermanja-manjalah dengan Al-Quran karena diwaktu nanti kalian akan merindukannya. Mutqinkan hafalan sampai kalian yakin menjaganya, gali ilmu sedalam-dalamnya. Cintai Al-quran, hingga benar-benar menjadi pedoman kita, memberkahi urusan kita, dan meridhai kita atas syafa'atnya”, ujar Syifa Karima menutup wawancara.

Ajang MTQMN merupakan kompetisi tahunan di bidang Al-Qur’an yang diikuti oleh seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia. Pada tahun ini, MTQMN diikuti 2447 peserta dari 251 delegasi kampus. Adapun cabang yang dilombakan meliputi 13 cabang, diantaranya ; lomba tilawatil qur’an kategori putra/i, lomba tartilil qur’an kategori putra/i, lomba syarhil qur’an, lomba hifdzil al-qur’an 5 juz kategori putra/i, lomba hifdzil al-qur’an 10 juz kategori putra/i, lomba hifdzil al-qur’an 20 juz kategori putra/i, desain aplikasi alqur’an, lomba karya tulis al-qur’an, lomba qira’at sab’ah kategori putra/i, lomba debat kandungan al-qur’an dalam bahasa arab, lomba debat kandungan al-qur’an dalam bahasa inggris, lomba khatthil al-qur’an kategori putra/i dan lomba fahmil qur’an.

Seleksi musabaqah mulai dilaksanakan di tingkat perguruan tinggi masing-masing yang ditentukan oleh masing-masing pimpinan perguruan tinggi sesuai dengan bidang musabaqah yang dilombakan. Dari 251 Delegasi kampus, diambil 12 orang untuk memasuki babak grand final. Kemudian dipilihlah 6 peserta terbaik dengan predikat 3 juara utama dan 3 juara harapan.

Sejumlah tokoh publik tidak ketinggalan menghadiri rangkaian pembuka dan penutupan MTQMN yang digelar selama 7 hari, yakni Gubernur Jawa Timur, Walikota Malang, Bupati Malang, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Anggota DPR RI Komisi X, sejumlah Rektor Perguruan Tinggi, tokoh ulama, jajaran TNI dan Polri, serta undangan lainnya.

Daftar Alumni SMAIT DQ Peserta MTQ Mahasiswa Nasional XV Malang :

  1. Hammad Syarif - Fahmil Qur'an - UGM
  2. Ahmad Arif Fikri - Fahmil Qur'an - UGM
  3. Bukhori Ahmad Muslim - Fahmil Qur'an – UNS
  4. Jundi Farhani - Fahmil Qur'an - UAI
  5. Nabiilurahman syarif - Fahmil Qur'an - UNJ
  6. Alfan Yusuf Maulana - 5 Juz - Mercu Buana
  7. Abdul Aziz Anwar - MHQ 5 Juz - STT Nurul Fikri
  8. Aldo Irawan - MHQ 5 Juz - UNRI
  9. Qonita Taqiyya - 5 Juz - UPN Jakarta
  10. Ahmad Syuhada - MHQ 10 Juz - UAI
  11. Fauzan Mubarok - MHQ 10 Juz - UGM
  12. Fahmi M. Husaini - MHQ 10 Juz - STT Nurul Fikri
  13. M. Fadlil Azhim - MHQ 10 Juz - IPB
  14. Abdurrahman Althof Haidar - MHQ 10 Juz – UNINUS (Univ. Islam Nusantara)
  15. Fina Zakiyyah - MHQ 10 Juz - UNS
  16. Aisyah Zahidah - MHQ 10 Juz - UNNES
  17. Atikah Shoutul Ishlah - MHQ 10 Juz - ITS
  18. Nida Nabilah - MHQ 10 Juz - Mercu Buana
  19. Ahmad Farhan - MHQ 20 Juz - UNJ
  20. M Azzam Muhtadi - MHQ 20 Juz - UAI
  21. Faiz Rahmatullah - MHQ 20 Juz - UNPAD
  22. Assyifa karima - MHQ 20 Juz - Unibraw
  23. Maulidya Fatimah Sholihah - 20 Juz - UMJ
  24. Shofiyyah Nadhiroh - MHQ 20 Juz - UNPAD
  25. Venni Nabila Farah Muthmainnah - MHQ 20 Juz - UNJ

Hubungan Eksternal DQM

[SEMANGAT MENGINSPIRASI]

FOTO GALERI DQM TERBARU