VISI Kami :  Terwujudnya peserta didik yang sholeh, beriman kokoh, beribadah benar, berakhlak mulia, berbadan sehat, berpengetahuan luas, mandiri, dan cinta Al-Qur’an

AYO DUKUNG! Project Pembangunan DQ2, Langkah Mencetak Ribuan Generasi Qurani


Screenshot_1

Bogor (9/1/2018) – Pesantren Terpadu Darul Quran Mulia (DQ) merupakan lembaga pendidikan yang concern terhadap pengembangan dan usaha mencetak peserta didik yang unggul dalam segala bidang terlebih Al-Quran sejak tahun 2007 hingga saat ini.

ALHAMDULILLAH... Berkat rahmat dan karunia Allah Swt, Pesantren Terpadu Darul Quran Mulia terus menunjukan perkembangan yang pesat. Hal itu bisa dilihat dari jumlah santri yang saat ini mencapai 1700 orang. Belum lagi dengan jumlah pendaftar yang selalu melebihi 1500 orang dalam 3 tahun terakhir, di sisi lain Pesantren hanya mampu menerima 550 peserta didik baru setiap tahunnya untuk jenjang SMPIT dan SMAIT.

Meningkatnya minat masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya di Pesantren Terpadu Darul Quran Mulia, tentunya diiringi dengan harapan kelak mereka menjadi pribadi yang sholih. Sesuai dengan Visi Pesantren Terpadu Darul Quran Mulia, “Terwujudnya peserta didik yang sholih ; beriman kokoh, beribadah benar, berakhlak mulia, berbadan sehat, berwawasan luas, mandiri, dan cinta al-qur’an”.

Pada akhirnya besarnya minat masyarakat tersebut serta keterbatasan sumber daya yang dimiliki untuk menampung keinginan itu, mendorong Yayasan Darul Quran Mulia untuk memulai program pengembangan pesantren yang diwujudkan dalam rencana Pembangunan Pesantren Terpadu Darul Quran Mulia ke-2 (DQ2).

Berlokasi di Wilayah Gunung Sindur, Kabupaten Bogor dengan jarak 100 meter dari kawasan pesantren putri, Insyaallah Yayasan Darul Quran Mulia sebagai lembaga yang menaunginya sedang memulai program pembangunan Pesantren Terpadu di atas lahan seluas 10 Hektar dalam 2 tahap. Pada tahap satu akan dibangun Pesantren Terpadu Putri dan komplek perumahan guru di atas lahan 5,5 Hektar. Kemudian pada tahap dua akan dibangun satu kawasan Pesantren Terpadu Putra diatas lahan 4,5 Hektar.

Perencanaan (siteplan) tahap 1 terdiri dari 2 area, yaitu area perumahan dan area pesantren. Area perumahan terdiri dari 38 kavling tipe 42 dengan luas tanah 91m2 dan 125 kavling tipe 30 dengan luas tanah 78m2 serta 1 Mini Mart. Kemudian area pesantren terdiri dari 3 blok, meliputi blok asrama, blok fasilitas umum, dan blok sekolah serta penunjang. Pembangunan area pesantren ini didesain untuk kapasitas 870 santri.

Blok asrama, yaitu blok yang dipergunakan untuk tempat tinggal santri berada di sisi ujung selatan. Terdiri dari 5 gedung dimana setiap gedung asrama berkapasitas 180 santri. 5 gedung yang ada diperuntukan untuk 3 gedung asrama SMP dan 2 gedung asrama SMA. Gedung asrama didesain 2 lantai berbentuk “U” yang ditengahnya adalah ruang terbuka dan didepannya terdapat rumah musyrif asrama. Setiap gedungnya memiliki luas bangunan 26x38m2 dengan jumlah kamar sebanyak 15 buah seluas 6x7m2, ruang seba guna seluas 12x7m2, 30 kamar mandi, gudang dan jemuran, 3 rumah guru 6x6m2, dan ruang tamu 6x6m.

Selain itu Blok fasilitas umum, yaitu blok yang menjadi pusat kegiatan santri diluar kegiatan sekolah. Terdiri dari math’am (dapur) 20x15m2, kantin 20x10m2, laundry 20x7m2, dapur umum 20x10m2, 2 lapangan futsal 15x25m2, 1 lapangan terbuka yang juga bisa didesain menjadi 5 lapangan futsal, serta masjid 35x50m2. Kemudian Masjid berkapasitas besar ini didesain 2 lantai dimana lantai 1 didesain untuk ruang serbaguna, sedangkan lantai 2 untuk pusat ibadah dengan estimasi dana mencapai 10.5 Miliah Rupiah.

Ditambah blok sekolah serta penunjang terdiri dari gedung sekolah, rumah mudir (pimpinan lembaga), perkantoran, wisma tamu, lahan parkir, gudang dan workshop, area kolam renang serta ruang olahraga indoor. Gedung Sekolah didesain berbentuk “U” dengan leter L 3 lantai (36 ruang kelas @9x6m) untuk sekolah SMP dan SMA, serta leter L 2 lantai (8 ruang @6x9m) untuk ruang penunjang.

Sejumlah pengerjaan yang tengah berlangsung saat ini setidaknya memerlukan dana yang tidak sedikit, diestimasikan memerlukan dana mencapai 31.5 Miliar rupiah. Karenanya Yayasan Darul Quran Mulia membuka program cicilan wakaf Pembangunan DQ2 kepada masyarakat luas, yakni diantaranya cicilan pembangunan masjid selama 2 (dua) tahun dimulai dari cicilan satu meter sampai tak terhingga dengan harga 3 juta rupiah/m2.

Oleh karena itu, doa dan partisipasi dari seluruh pihak stakeholder sangat dibutuhkan guna memudahkan dan mempercepat proses pembangunan dengan harapan DQ2 sudah bisa membuka pendaftaran calon santri baru TP. 2019/2020. Semoga Allah SWT memudahkan segala urusan kita dan meluaskan rizkinya bagi kita semua. Aamiin…

Wakaf DQ 2 :

081295072105 (Ustzh. Alin)

085888706110 (Ustzh. Aisyah)

Rekening Wakaf DQ2

BNI Syariah : 7399979997 AN. Wakaf Darul Quran Mulia

BSM : 0740147001 AN. Wakaf Darul Quran Mulia

Hubungan Eksternal DQ

[SEMANGAT MENGINSPIRASI]

 

FOTO GALERI DQM TERBARU