VISI Kami :  Terwujudnya peserta didik yang sholeh, beriman kokoh, beribadah benar, berakhlak mulia, berbadan sehat, berpengetahuan luas, mandiri, dan cinta Al-Qur’an

Santri DQM Raih 4 Penghargaan MTQ XIV Provinsi Banten


Pemenang MTQ Ke-14 Banten

Bogor (24/4/2017) – Ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XIV Tahun 2017 Provinsi Banten resmi ditutup oleh Pelaksanakan Jabatan Gubernur Provinsi Banten, Nata Irawan di Hotel Marbella, Anyer, Kabupaten Serang, Jumat (21/04) malam.

Sebanyak 4 Santri Pesantren Terpadu Darul Qur’an Mulia (DQM) berhasil meraih penghargaan melalui cabang tahfizh qur’an dan fahmil quran. Keempat Santri Darul Quran Mzulia tersebut, yakni Santri Kelas 11 Abidah Aghniah Qolbi Juara 2 Cabang Fahmil Quran mewakili Kota Tangerang Selatan, selanjutnya Santri Kelas 9 Mufid Al-Azza Juara 3 Cabang 10 Juz Putra, Santri Kelas 11 Raihana Hylmi Kamila Juara 1 Cabang 20 Juz Putri, dan Santri Kelas 11 Atikah Juara 1 Cabang 20 Juz dimana ketiganya mewakili Kabupaten Serang.

Sebelumnya sebanyak 15 Santri DQM terdiri dari 5 putra dan 10 putri mengikuti seleksi MTQ Ke-14 Provinsi Banten untuk yang keenam kalinya sejak tanggal 17-21 April 2017 kemarin. Diikuti 8 Kabupaten Kota diantaranya Kota Serang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Cilegon dengan total peserta mencapai 434 orang dimana setiap kabupaten kota mengirimkan delegasinya mencapai 58 orang.

Dalam MTQ Ke-14 yang bertemakan, “Aktualisasi Nilai-nilai Universal Alquran untuk Mewujudkan Masyarakat Banten yang Beriman dan Bertakwa', terdapat delapan Cabang lomba meliputi cabang tilawatil Quran, tahfidz Quran, tafsir Quran, seni menulis Alquran (Khot Alquran), syahril Qqran, cerdas cermat isi kandungan Alquran, Qiroatul Kutub, dan menulis makalah Alquran. Sedangkan untuk cabang tilawatil quran yang diikuti oleh Santri DQM terdiri dari 5 kategori, yakni Cabang 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz, dan 30 Juz yang setiap cabangnya diikuti 8 peserta putra dan putri yang merupakan pemenang kategori lomba yang sama di tingkat kota/kabupaten asal masing-masing.

Dalam wawancara terpisah dengan Kepala Bidang Ta’limul Quran, Ustadz Sarmadan Rambe, beliau mengungkapkan, “Dari MTQ seperti ini, saya berharap anak-anak memperoleh pengalaman baru diluar pesantren, dan yang diutamakan juga hafalan mereka semakin terjaga dengan mengikuti event-event yang ada di luar pesantren”.

Lanjut Ustadz Sarmadan menambahkan, dirinya berharap seiring dengan raihan prestasi para santri juga harus diimbangi dengan peningkatan akhlak yang baik yang menandakan identirtas dirinya sebagai seorang santri.

“Melalui Ajang MTQ Banten ini saya berharap anak-anak termotivasi untuk terus berprestasi namun juga jangan sampai melupakan identitas dirinya sebagai seorang santri”, tutur Ustadz Sarmadan.

Atas prestasinya itu, nantinya keempatnya akan mengikuti seleksi oleh LPTQ Banten guna mewakili Provinsi Banten dalam STQ Nasional di Provinsi Kalimantan Utara pada Bulan Juli 2017 mendatang.

 

Hubungan Eksternal DQM

[SEMANGAT MENGINSPIRASI]

 

 

FOTO GALERI DQM TERBARU