VISI Kami :  Terwujudnya peserta didik yang sholeh, beriman kokoh, beribadah benar, berakhlak mulia, berbadan sehat, berpengetahuan luas, mandiri, dan cinta Al-Qur’an

Mukhoyam Tarbawiyah 2017 Pesantren Terpadu Darul Quran Mulia


Mukhoyam SMAIT DQ Putri

Bogor (14/4/2017) – Beragam dan padatnya aktifitas pribadi muslim yang unggul hanya bisa dilaksanakan dengan baik apabila memiliki tiga unsur dasar manusia melingkupi akal yang terlatih, ruhiah yang terpelihara, dan fisik yang bugar. Untuk itu diperlukannya program penunjang untuk bisa memenuhi unsur ketiganya.

Hal itulah yang kemudian melatar-belakangi Bidang Takwin Syakhsiyah Bagian Pembinaan Pesantren Terpadu Darul Quran Mulia (DQM) untuk menyelenggarakan “Mukhoyam Tarbawiyah 2017” untuk para santri selama 3 hari 2 malam, yakni pada tanggal 10-12 April 2017 kemarin. Sebanyak 962 Santri Putra-Putri Kelas 7, 8, 10, dan 11 ikut serta dalam kegiatan yang diadakan di 4 lokasi berbeda di kawasan Gunung Bunder-Puncak, Bogor.

Terdapat 329 Peserta Mukhayam SMPIT DQ Putra dan 130 Peserta Mukhayam SMAIT DQ Putra masing-masing menempati Camp Panorama Alam dan Camp Bunder Pass di kawasan perkemahan Gunung Bunder, Bogor sedangkan 328 Peserta Mukhayam SMPIT DQ Putri dan 175 Peserta Mukhayam SMAIT DQ Putri masing-masing menempati Camp Kampung Awan dan Camp Strawberry di kawasan perkemahan Puncak, Bogor.

Wakil Bidang Takwin Syakhsiyah Pesantren Putri, Ustadzah Husna mengatakan, “Kegiatan ini bukan sekedar kegiatan outdoor saja, namun menjadi sarana yang edukatif dan menitik beratkan pada pembentukan pribadi santri yang disiplin, mental yang tangguh, mandiri, dan berjiwa pemimpin”.

Selain itu, Ustadzah Husna yang merupakan Magister Kajian Islam UIN Jakarta ini juga menyampaikan bahwa pada mukhoyam tarbawiyah kali ini khususnya Mukhoyam SMAIT Putri, Panitia melibatkan instruktur dari Kesatuan Kostrad dikarenakan bentuk kegiatan berupa Latihan Dasar Kepemimpinan (LDKS) dengan maksud membekali santri SMAIT Putri kemampuan dasar kepemimpinan, wawasan kebangsaan, kemandirian dan ketangkasan dalam aktifitas di alam terbuka (outdoor).

“Untuk Mukhoyam SMA Putri kita memakai instruktur dari Tim Kostrad yang pada tataran teknisnya bekerjasama dengan para ustadzah dikarenakan mereka adalah pengurus dan calon pengurus OSDQ. Kita ingin mereka menjadi pemimpin yang tangguh dan disiplin. Untuk SMP seluruhnya instruktur (pembimbing) dari para Ustadzah,” ungkapnya di Kampung Awan Camp, Puncak-Bogor, Selasa (11/4).

Kegiatan ini, katanya, diharapkan nantinya bisa menghadirkan sikap positif diantara para santri dalam kehidupan sehari-hari. “Setelah ini harapannya para santri bisa beritsar dalam keseharian bukan hanya pada kegiatan hari “H” namun seluruh tujuan dan rangkaian kegiatan bisa berdampak postif kepada kedisiplinan, kemandirian dan dalam penerapan ukhuwah Islamiyah diantara para santri”, penuh harap Ustadzah Husna.

Hubungan Eksternal DQM

[SEMANGAT MENGINSPIRASI]

FOTO GALERI DQM TERBARU